BLOGGER TEMPLATES AND Gaia Layouts »

Kamis, 27 Januari 2011

Simbiosis Mutualisme ala Silvio Berlusconi

Siapa yang tidak kenal dengan Silvio Berlusconi, dia adalah perdana menteri Italia saat ini sekaligus pemilik klub sepak bola prestisius di Italia, AC Milan. Berlusconi sudah mengakuisisi AC Milan kurang lebih selama dua dekade, di tangannya lah AC Milan menjadi klub sepak bola yang cukup disegani di daratan Eropa maupun di seluruh penjuru dunia dengan menjuarai banyak kompetisi, mulai dari kompetisi lokal, Eropa, hingga kompetisi internasional seperti piala dunia antar klub. Silvio Berlusconi tidak sepenuhnya mengendalikan AC Milan, dia hanya memonitorinya dan menyerahkan mandat pengendalian klub kepada Adriano Galliani, teman dekat Silvio Berlusconi sekaligus wakil presiden AC Milan.

Sebelum Silvio Berlusconi menjabat sebagai perdana menteri Italia, dia mencurahkan segalanya untuk AC Milan, mulai dari perekrutan pemain hingga pelatih berkelas dunia pun dia boyong ke Milan untuk menjadikan AC Milan sebagai klub sepak bola yang mentereng. Namun, setelah Silvio Berlusconi menjabat sebagai perdana menteri Italia, dia lebih memilih untuk fokus kepada pekerjaannya sebagai perdana menteri, dia tidak terlalu memperhatikan AC Milan dan lebih memilih untuk menjadikan Galliani sebagai orang yang mengatur segala kebijakan klub. Namun demikian, Silvio Berlusconi tetap memantau perkembangan AC Milan dari luar stadion.

Ada yang unik dari Silvio Berlusconi yang menjabat posisi penting di pemerintahan maupun di AC Milan, terdapat simbiosis mutualisme antara Silvio Berlusconi dengan AC Milan. Ketika Silvio Berlusconi terlibat dalam skandal seks antara dirinya dengan wanita muda yang menjadikan dirinya tersorot oleh publik, Silvio Berlusconi, melalui perantara Adriano Galliani, mencoba menaikkan citra positifnya dengan mendatangkan nama-nama besar seperti Antonio Cassano, Urby Emmanuelson, dan Mark van Bommel yang merupakan pemain-pemain berkelas dunia ke San Siro, markas AC Milan, pada bursa transfer musim dingin kali ini.

Di sisi lain, Massimiliano Allegri sebagai pelatih AC Milan diuntungkan oleh kedatangan pemain-pemain tersebut karena saat ini banyak pemain-pemain pilar AC Milan yang bermasalah dengan cedera seperti Filippo Inzaghi, Alessandro Nesta, Clarence Seedorf, Gennaro Gattuso, dan lain-lain.

Oleh karena itu, tidak salah jjika saya menyimpulkan bahwa Silvio Berlusconi memiliki hubungan simbiosis mutualisme dengan AC Milan. Meskipun terlihat politis, namun dalam hal ini tidak ada yang dirugikan karena pencitraan dirinya terhadap publik Italia tidak terlalu berubah drastis akibat skandal seks ditopang oleh kesuksesannya dalam menambah kekuatan skuad AC Milan dengan mendatangkan pemain-pemain berkelas dunia yang setidaknya membuat dirinya masih dielu-elukan oleh para tifosi AC Milan di Italia dan di seluruh dunia.

0 comments: